6 Bulan Dalam: Bagaimana Kondisi Bandara Baru Mexico City?
Uncategorized

6 Bulan Dalam: Bagaimana Kondisi Bandara Baru Mexico City?

Bandara Internasional Felipe ngeles (NLU) yang baru di Mexico City mengangkut 299.051 penumpang dalam enam bulan pertama sejarahnya, menurut data yang dirilis oleh otoritas penerbangan sipil Meksiko. Hub baru belum melampaui angka 100.000 penumpang dalam sejarah singkatnya, dan Aeromexico dengan cepat menjadi operator utama hub.

Bagaimana kabar bandara baru Meksiko saat ini?
Bandara Internasional Felipe ngeles diresmikan pada Maret 2022, menyusul proses kontroversial yang mencakup pembatalan bandara lain, Bandara Internasional Texcoco. Hub baru ini berfungsi bersama dengan Mexico City Benito Juárez International (MEX) dan Toluca International (TLC), menciptakan semacam sistem metropolitan bandara untuk kota terbesar di negara itu.

Antara Maret dan September 2022, Bandara Felipe ngeles memiliki 299.051 penumpang, menurut data yang baru-baru ini dirilis oleh Sekretariat Infrastruktur, Komunikasi dan Transportasi (SICT) negara itu. Pada periode ini, bandara mencatat 3.376 penerbangan. Untuk beberapa alasan, SICT belum mempublikasikan data apa pun untuk layanan internasional yang saat ini tersedia di NLU. Misalnya, Conviasa telah terbang seminggu sekali antara Caracas (CCS) dan NLU sejak Maret, sementara Copa Airlines dan Arajet meluncurkan layanan internasional baru mereka dari Panama City (PTY) dan Santo Domingo (SDQ) pada bulan September. Mungkin bulan depan kita lihat dulu hasil dari dua rute terakhir. Viva Aerobus juga berharap dapat mengoperasikan penerbangan internasional ke Havana (HAV) dalam waktu dekat.

Sebagai perbandingan, MEX menerima, rata-rata, sekitar 124.000 penumpang setiap hari pada bulan Agustus, yang berarti memiliki jumlah wisatawan yang sama dengan NLU dalam enam bulan hanya dalam dua setengah hari.

Meskipun jumlah penumpang rendah, ada kabar baik
Pada bulan September, lalu lintas masuk dan keluar dari NLU membludak. Antara Maret dan Agustus, hub memiliki rata-rata 33.535 penumpang; kemudian, pada bulan September, meningkat menjadi 97.839 hanya dalam satu bulan.

Ini karena beberapa alasan. Pertama, beberapa rute dibuka selama bulan September, seperti penerbangan dari NLU ke Huatulco, Puerto Escondido, San José del Cabo, dan Veracruz (ditambah layanan internasional yang masih belum diakui ke Panama City dan Santo Domingo). Kedua, beberapa rute yang dibuka pada bulan-bulan sebelumnya mengalami peningkatan jumlah penumpang yang diangkut secara substansial, seperti layanan ke Guadalajara dan Monterrey.

Rute mana yang berhasil untuk NLU?
Pada November 2022, NLU memiliki 203 penerbangan mingguan, rata-rata 29 keberangkatan per hari yang dioperasikan oleh enam maskapai. Operator yang saat ini terbang dari hub ini adalah Aeromexico, Arajet, Conviasa , Copa Airlines, Viva Aerobus, dan Volaris .

Beberapa rute sudah memiliki lebih dari satu penerbangan setiap hari, seperti layanan Aeromexico ke Monterrey, Guadalajara, dan Cancun (masing-masing tiga penerbangan setiap hari), penerbangan Volaris ke Cancun (dua setiap hari), dan layanan Aeromexico ke Mérida dan Puerto Vallarta (11 dan sepuluh penerbangan per minggu, masing-masing).

Aeromexico telah menjadi maskapai terkemuka di NLU dalam hal penerbangan per minggu (105) dan kursi yang tersedia (13.449). Meskipun demikian, di antara enam maskapai yang saat ini beroperasi, Aeromexico memiliki jumlah kursi per keberangkatan terendah, dengan rata-rata 128,1 kursi per penerbangan. Aeromexico terutama beroperasi dari NLU dengan armada Embraer E190, yang memiliki kapasitas untuk 98 dan 99 penumpang (tergantung tata letak).